Gubernur Syahrul Jadi Pembicara pada Seminar Silatnas 2018 Fakultas Ekonomi UMI

By Admin

nusakini.com--Ekonomi yang baik melahirkan masyarakat yang sejahtera, beradab serta patuh hukum. Hal itu disampaikan oleh Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo pada acara Seminar Silatnas 2018 yang diselenggarakan oleh Ikatan Alumni Fakultas Ekonomi Universitas Muslim Indonesia (UMI) di Auditorium Al-Jibra UMI Makassar, Sabtu (31/3). Acara ini dibuka langsung oleh Rektor UMI, Prof. Masrurah Mokhtar. Tema dari seminar ini "Pembangunan Ekonomi Untuk Negeri". 

"Ekonomi yang baik membuat masyarakat menjadi beradab dan punya harga diri," Kata Syahrul.

Ia menyampaikan tentang materi "Strategi Percepatan Sulawesi Selatan sebagai Pilar Pembangunan Ekonomi Nasional". 

Syahrul mengatakan, negara dengan ekonomi yang baik, akan menghadirkan sumber daya manusia yang mampu mengelolah sumber daya ekonominya sendiri, sehingga SDM menjadi sangat penting, sehingga gilirannya SDM yang baik, akan menghasilkan perekonomian yang baik pula. 

Ekonomi yang membaik membuat orang menjadi patuh hukum, siapa yang mau negara tersebut maju harus menghadirkan ekonomi yang baik. 

Banyak negara hanya memiliki sumber daya alam yang sedikit dan kecil tetapi ekonominya bagus. Ia mencontohkan Singapura, ekonominya maju karena SDM-nya. 

"Sebuah negara maju itu, salah satunya dapat diukur dari kualitas sumber daya manusianya," sebut Syahrul. 

Sulsel sendiri tumbuh pesat dibidang ekonomi. Ia memberikan data, sepuluh tahun lalu, uang yang beredar di Sulsel hanya Rp 85 triliun namun saat ini sebesar Rp 413,8 triliun. 

Untuk menciptakan SDM yang baik, salah satunya melalui dunia pendidikan. UMI juga telah berperan menciptakan Sulsel semakin baik, melalui sumber daya manusia yang telah dihasilkan. 

"Sumpah ka, kalau mau kuliah di luar Jawa, ke Makassar saja, ada UMI," ucapnya. 

Selain Gubernur, hadir pada seminar ini, Anggota DPR RI, Amir Uskara dan Mantan Rektor UMI, Prof. Mansyur Ramli.(p/ab)